Fiber Optik Dalam Dunia Nyata



    Serat optik digunakan secara luas di bidang medis untuk mendiagnosa dan mengobati berbagai penyakit. Karena serat optik dapat dibuat sangat tipis dan dibuat menjadi untaian fleksibel, mereka dapat digunakan untuk dimasukkan ke dalam pembuluh darah, paru-paru dan bagian tubuh lainnya. Serat optik telah memungkinkan dokter untuk melihat dan bekerja di dalam tubuh melalui sayatan kecil dengan alat yang disebut Endoskopi. Sebuah Endoskopi adalah alat medis yang dibuat untuk membawa dua bundel fi optik ...

       Serat optik digunakan secara luas di bidang medis untuk mendiagnosa dan mengobati berbagai penyakit. Karena serat optik dapat dibuat sangat tipis dan dibuat menjadi untaian fleksibel, mereka dapat digunakan untuk dimasukkan ke dalam pembuluh darah, paru-paru dan bagian tubuh lainnya. Serat optik telah memungkinkan dokter untuk melihat dan bekerja di dalam tubuh melalui sayatan kecil dengan alat yang disebut Endoskopi. Sebuah Endoskopi adalah alat medis yang dibuat untuk membawa dua bundel serat optik dalam satu tabung panjang. Satu bundel serat optik mengarahkan cahaya pada jaringan yang diperiksa, sedangkan bundel lainnya serat optik mentransmisikan cahaya yang dipantulkan dari jaringan, menghasilkan gambar rinci. Endoskopi dapat dirancang untuk melihat ke dalam area tertentu dari tubuh manusia. Misalnya, dokter dapat menggunakan serat optik di Endoskopi untuk memeriksa lutut, bahu dan sendi lain dalam tubuh.

       Artroskopi (diucapkan Ahr-THROS-kuh-kencing) adalah teknik menggunakan alat medis lain yang disebut arthroscope. Instrumen ini lurus dan silinder seperti dengan serangkaian lensa dan bundel serat optik yang datang dalam ukuran 1/12 hingga 1/5 inci (2 sampai 5 milimeter.) Arthroscope digunakan untuk memeriksa sendi dalam tubuh, seperti sebagai sendi lutut, pergelangan kaki, siku, pinggul dan bahu. Hal ini dilakukan dengan arthroscope yang dimasukkan ke dalam sendi tubuh melalui sayatan kecil. Sebuah cahaya kemudian ditransmisikan dengan menggunakan serat optik ke ujung arthroscope untuk menerangi sendi. Penggunaan serat optik melalui arthroscope memungkinkan dokter untuk memeriksa secara menyeluruh bersama untuk diagnosis atau pengobatan.

       erat optik digunakan dalam arthroscope dapat digunakan untuk mengukur suhu dan tubuh lainnya
atribut serta digunakan dalam melakukan prosedur bedah. Masalah yang paling umum dirawat oleh Arthroscopy adalah robek tulang rawan di lutut. Ini adalah ketika sayatan kecil dibuat di sendi untuk penggunaan serat optik di arthroscope dan kemudian sayatan kedua dibuat untuk penggunaan instrumen bedah lainnya untuk menghapus tulang rawan. Keuntungan utama menggunakan serat optik melalui operasi arthroscopic adalah bahwa operasi dapat dilakukan melalui sayatan kecil, sehingga pasien mengalami paling sedikit ketidaknyamanan dan waktu penyembuhan yang lebih pendek, jika dibandingkan dengan metode lain operasi.

      Selain dari penggunaan dari endoskopi dan Arthroscopes, fungsi lain banyak digunakan serat optik dalam bidang medis adalah kemampuan untuk serat optik yang akan dimasukkan ke dalam pembuluh darah untuk memberikan analisis cepat dan akurat kimia darah. Dokter juga menemukan penggunaan medis dari serat optik untuk mengarahkan sinar laser intens di luka untuk menghentikan perdarahan atau untuk membakar diri jaringan abnormal. Pelatihan Serat optik yang diperlukan dalam bidang kedokteran. Penggunaan serat optik melalui ilmu kedokteran terus berkembang pesat untuk sehari-hari untuk mengembangkan perangkat medis lebih baru dan canggih untuk memungkinkan dokter untuk memberikan orang dengan layanan yang lebih baik.

0 comments:

Total Pageviews

Popular Posts

Powered by Blogger.