Dasar - dasar Jaringan Komputer


Sebuah jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer dengan komunikasi di antara mereka melalui media. Media komunikasi dapat melalui gelombang radio, kabel, inframerah, serat optik dll

Jaringan komputer merupakan bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari, dengan alasan yang paling penting adalah bahwa komunikasi. Penggunaan jaringan komputer adalah untuk berbagi sumber daya seperti mesin faks, printer, modem, file dll, dan penggunaan lainnya adalah server database, komputer server, e ...

Sebuah jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer dengan komunikasi di antara mereka melalui media. Media komunikasi dapat melalui gelombang radio, kabel, inframerah, serat optik dll

       Jaringan komputer merupakan bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari, dengan alasan yang paling penting adalah bahwa komunikasi. Penggunaan jaringan komputer adalah untuk berbagi sumber daya seperti mesin faks, printer, modem, file dll, dan penggunaan lainnya adalah server database, komputer server, email, chatting, internet dll komputer yang sumber daya yang melekat disebut server dan komputer lain yang mengakses sumber daya disebut klien. Dalam jaringan komputer peer-to-peer tidak ada server.

         Berbagi mesin fax, printer, dan modem di antara banyak komputer dan pengguna mengurangi biaya operasional. Sebuah database pada jaringan komputer adalah aplikasi yang sangat penting karena menyimpan dan menjalankan banyak data penting dan pekerjaan. Email dan chatting dapat digunakan untuk komunikasi instan dan mengirim file pada jaringan komputer.

       Jaringan komputer diklasifikasikan, tergantung pada ukuran, sebagai Local Area Network (LAN), Wide Area Networks (WAN), Jaringan Metropolitan Area (MAN) dan Jaringan Personal Area (PAN). Topologi (Topologi adalah cara jaringan komputer dan sumber daya jaringan yang terhubung) dari jaringan tersebut dapat diklasifikasikan sebagai Jaringan Bus, Ring Jaringan dan Star Network.

        Perangkat keras jaringan pada dasarnya terdiri dari kabel, kartu jaringan dan hub. Kartu jaringan komputer yang dibutuhkan agar satu komputer dapat memahami apa komputer lain "berbicara". Kartu jaringan memiliki alamat MAC yang unik untuk mengidentifikasi komputer pada jaringan komputer. Hub menghubungkan semua komputer dalam jaringan. Hub juga dapat digunakan untuk menyambung ke hub lain untuk meningkatkan ukuran jaringan komputer. Dua komputer dapat dihubungkan dengan menggunakan kartu Ethernet atau saluran telepon atau kabel listrik untuk komunikasi, dengan kit perangkat keras yang tersedia di sekitar dengan biaya $ 100.

       Sebagai jumlah komputer di kantor atau meningkat rumah, begitu juga jumlah kabel, sehingga jaringan nirkabel adalah solusi yang layak. Dalam jaringan nirkabel transreceivers radio atau sinyal inframerah yang digunakan untuk berkomunikasi antara komputer dan perangkat. Contoh jaringan nirkabel termasuk Wi-fi dan teknologi Bluetooth, meskipun mungkin ada masalah keamanan yang terlibat dalam jaringan nirkabel. Namun pasti ada preferensi kuat terhadap jaringan nirkabel saat ini di kalangan konsumen.

        Jaringan komputer telah menambahkan dimensi baru untuk abad ke-21. Hari ini dunia cyber jauh lebih cepat dan lebih luas daripada dunia nyata. Ini semua dimungkinkan karena jaringan komputer. Jaringan komputer telah merevolusi bisnis, komunikasi, perjalanan, penelitian, pertahanan, masyarakat dan hampir semua usaha manusia. Evolusi jaringan komputer telah membantu revolusi teknologi mengambil lompatan besar ke depan.

0 comments:

Total Pageviews

Popular Posts

Powered by Blogger.